Ayo Membangun Desa Bersama Masyarakat Dengan Semangat Kebersamaan - Desa Bergerak Membangun Indonesia - “Membangun negeri ini, harus dimulai dari desa!” (A.H. Nasution)

Dana Desa Diyakini Bisa Kurangi Laju Urbanisasi


Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimgrasi, Eko Putro Sandjojo-- MTVN/Rofahan--
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan manfaat lain dana desa. Yaitu selain untuk membangun infrastruktur, tapi juga untuk menyediakan lapangan pekerjaan dan mengurangi laju urbanisasi.

“Kota-kota besar sudah sangat padat. Jika tidak punya keterampilan, tidak seindah yang dibayangkan. Gunakan dana desa untuk bangun desa,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis 22 Juni 2017.

Menurut Eko, penggunaan dana desa untuk hal kreatif dan inspiratif dapat meningkatkan sumber daya ekonomi di pedesaan dan menjadi jawaban untuk mengatasi urbanisasi atau derasnya perpindahan warga desa ke kota.

Ia pun menekankan pentingnya implementasi empat program prioritas pembangunan desa. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya akselerasi pembangunan pedesaan.

“Tahun ini pemerintah fokus pada empat program prioritas untuk kurangi laju urbanisasi. Keempatnya yaitu menentukan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membuat embung air desa, dan membuat sarana olahraga desa,” ujar dia.

Program Prukades akan menciptakan klasterisasi produk unggulan desa hingga mendorong peningkatan skala produksi. Dengan demikian, lanjutnya, pengusaha pascapanen termotivasi masuk ke desa. 

Sumber : Metro TV.com

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Youtube

Recent Posts